Monday, March 16, 2009

Info Peduli Rohingya

Lama nggak ngoceh diblogkuh yang jarang dan hampir gak pernah ku apdet ini. Tapi ya sud-lah, mulai hari blog ini akan diupayakan untuk sering2 aku update(halah, janji2 kosong aja, weks) selama ada bahan buat postingan, hehe (kue kali pake bahan2) .

Eniwe, postingan artikel hari ini sebenernya asalnya dari si gobi yang maksa2 buat dikopipaste kesini supaya infonya bisa nyebar(padahal lewat blognya dia sendiri aja udah cukup, secaranya PR-nya dia lebih gede). Tapi gak papalah, info yang mau dishare juga bagus kok, sekalian brand image kantor, hehe. Lengkapnya bisa diliat dibawah ini. Bagi yang mau ikutan kopipaste silahkan diambil dan diedit sesuai kebutuhan yak.
====================================================================
“KOMUNITAS PEDULI ROHINGYA
(Komunitas Acehforum, Komunitas Acehblogger, Komunitas Acehfotografer, Komunitas KPLi Aceh, dan juga TELKOMSEL Aceh)
Akhir-akhir ini banyak terdengar berita tentang “Pengungsi Rohingya”. Pengungsi Rohingya adalah warga minoritas muslim Myanmar yang sudah belasan hari terdampar di lautan mencari suaka ke negara-negara sekitar Selat Malaka, Teluk Martaban, dan Laut Andaman.

Sedikit tentang Pengungsi Rohingya (Manusia Perahu). Etnis Rohingya sejak awal merdekanya negara Burma (kemudian berganti nama menjadi Myanmar pada tahun 1989) tak pernah mendapat pengakuan sebagai etnis yang berhak menjadi warga negara dari sekitar 137 etnis yang diakui di Myanmar. Oleh karena itulah Etnis Rohingya disebut sebagai: Stateless and Forgotten People (orang tanpa kewarganegaraan dan dilupakan).

Menggunakan sembilan perahu mereka kemudian terdampar di Laut Andaman, sebagian kecil diselamatkan oleh warga Indonesia dan kini ditampung sementara di Aceh. Sebagian lainnya diselamatkan oleh Angkatan Laut India. Selebihnya masih terkatung-katung. Disebutkan bahwa nelayan Aceh menyelamatkan 220 ‘manusia perahu’ Rohingya pada 2 Februari 2009, namun 22 di antaranya telah tewas karena kehausan dan kelaparan.

Penelantaran oleh negara asal Myanmar dan pengusiran oleh negara tujuan seperti Thailand tentunya menimbulkan pertanyaan, apakah memang stateless persons dan para pencari suaka (asylum seekers) tak memiliki hak untuk diperlakukan secara wajar dan mendapatkan perlindungan yang layak secara kemanusiaan?
Saat ini, ada 93 warga Negara Myanmar dan Bangladesh di Sabang dan 198 warga Myanmar di Idi Rayeuk, Aceh Timur yang membutuhkan bantuan. Mari, bersama ”Komunitas Peduli Rohingya” kita bantu mereka. Salurkan dana Anda.

Sedikit tentang komunitas. Komunitas peduli Rohingya, yang terdiri dari Komunitas Acehforum, Komunitas Acehblogger, Komunitas Acehfotografer, Komunitas KPLi Aceh, bersama TELKOMSEL mengajak para blogger yang membaca postingan ini untuk memberikan donasi yang nantinya akan kita salurkan untuk para pengungsi.

Contoh sumbangsih (kegiatan & event) yg diberikan oleh masing-masing komunitas antara lain; Acehforum membuat booklet kecil yang akan diberikan/dijual ke masyarakat, Acehblogger dan KPLi-Aceh turun ke jalan langsung untuk mengumpulkan uang sumbangan.

Acehfotografer akan membuat ”Hunting Photo For Rohingya” nanti photonya akan dibingkai dan dijual ke masyarakat (termasuk uang pendaftaran dari all peserta akan disumbangkan). Telkomsel sendiri, bekerjasama dgn dealer, akan menjual perdana dibawah harga yg nantinya Rp.3000,- dari tiap perdana yg dijual akan disalurkan untuk pengungsi Rohingya.

Untuk temen-temen blogger, silahkan copy-dan-paste thread ini agar gaungnya kemana-mana. Mari tunjukkan kepedulian kita. Bagi yg mau nyumbang silahkan hubungi komunitas masing-masing.

Gambar ambil dari sini :

http://img.photobucket.com/albums/v246/abe_poetra/blog/rohingya2-small.jpg

http://img.photobucket.com/albums/v246/abe_poetra/blog/rohingya1-small.jpg

http://img.photobucket.com/albums/v246/abe_poetra/blog/rohingya-p1.jpg

===================================================================

Yap, that's the info. Sebagai tambahan, bagi yang berminat ikutan hunting foto untuk kegiatan sosial ini bersama rekan2 Aceh Fotografer, bisa dicek aja infonya di web Aceh Fotografer.

@ Gobi, lunas ya utangku padamuh. Minggu depan kow ikutan ya hunting fotonya, kow jadi modelna, heheh



No comments: